4.12.2009

REBANA

AL-FITROH GROUP

Rebana, alat perkusi yang halal untuk digunakan mulai dari zaman Nabi Muhammad SAW sampai dengan sekarang zaman modern. Dalam jarak yang jauh inilah alat perkusi mengalami perubahan-perubahan positive secara continuous dengan mencoba untuk menyesuaikan keadaan zaman, dengan kata lain sedang beradaptasi layaknya mahluk hidup.

R

ebana telah banyak digemari terutama dikalangan pesantren dan terlebih lagi didaerah Bangsri. Meskipun alat ini kalau dipandang sangat sederhana, tetapi disisi lain alat perkusi ini dapat menimbulkan efek ataupun dampak yang positive terhadap para pendengarnya.

Pondok Pesantren Hasyim Asy`ari, inilah salah satu dari banyak pesantren yang juga menggemarinya baru-baru ini. Hingga akhirnya di tahun 2008 yang tepatnya sebelum bulan Juli ini berhasil mendirikan group rebana dengan nama “REBANA AL-FITROH”, yang sebelumnya terdapat perbedaan pendapat untuk memberikan nama group rebana kita. Ada yang mengatakan diberi nama dengan “AL-AMIN” dan sebagainya. Tetapi akhirnya kita semua sepakat dengan mengambil nama “AL-FITROH”, mengapa seperti itu? Karena dipandang dari segi ma`nanya saja sudah kedengaran bagus, apalagi kalau dipandang dari segi ma`na secara leterleknya pasti tambah bagus lagi. Yang dalam kenyataannya Al-Fitroh dari segi ma`na leterlek mengandung ma`na “SUCI”. Secara tersurat kita mengambil nama ini karena kita menginginkan bahwasannya semoga saja kita selalu dalam keadaan suci dan selalu dijalan yang suci pula… Amien…

Dalam pembentukan group rebana ini dipelopori oleh beberapa orang yang diantaranya adalah termasuk dalam pemain sendiri dan juga dari penanggung jawab, yang kesemua itu adalah:

1. KH. Zainal Umam, Lc. [ Penanggung jawab + Pengasuh pondok ]

2. Robbi Zakariyya [ Pelatih rebana + Pembimbing]

3. Asma`ul Ma`ruf [ Mantan ketua pondok + Pembimbing ]

4. M.B.K. Adib [ Ketua pondok `08/`09 + Vocal ]

5. Muslim/Kuslim [ Pemegang ngawil formula + vocal ]

6. Jihan Ubaidillah [ Pemegang ngawil formula + vocal ]

7. Indar Sayuko [ Wakil ketua + Pemegang ngepolo formula ]

8. Ihsanuddin [ Sekretaris + Pemegang ngepolo formula ]

9. M. Ibnu Idris [ Kesehatan + Pemegang ngepolo formula ]

10. A. Rizal Irham [ Pemegang ngepolo formula ]

11. Dian Ahlul Karim [ Pemegang ngepolo formula ]

12. Abdul Khakim [ Pemegang ngepolo formula + Marawis formula ]

13. Nurul Faizin [ Pemegang ngawil formula + Ketipung formula ]

14. Eko Kurniawan [ Humas + Pemegang ngawil formula ]

15. Muhammad Misbah [ Pemegang ngawil formula + Gong formula ]

16. M. Ibnu Abbas [ Pemegang ngawil formula ]

17. Lutfi aminuddin [ Pemegang marawis formula ]

Pada awalnya kesemua ini tak mengenal yang namanya ngepolo,dkk. Akan tetapi pada akhirnya mereka semua mengenalnya, malahan mengenal sangat dekat sekali. Semuanya mengenal karena pengasuh pondok nge’ndikan bahwasanya putra harus bisa rebana dan menyaingi rebana putri. Kenapa seperti? Karena dulunya pondok putrilah yang lagi naik daun dalam bidang rebana, sampai-sampai pengasuh memuji putri dan menyuruh putra untuk berlatih rebana. Disamping semua itu alasan yang sedikit sangat menyemangati kita adalah seperti ini: “Mantan ketua pondok yang dulu (Nur Hasmaji) boleh menikah apabila pondok putra sudah bisa rebana dengan baik”, karena nantinya rebana itu akan melantun musik pada waktu pernikahan kang maji dilangsungkan.

Sebab dari pada adanya rebana Al-Fitroh adalah berkat adanya rebana group dari pihak putri. Oleh sebab itulah penanggung jawab menyuruh kepada pembimbing untuk mencarikan seorang pelatih rebana untuk melatih putra, hingga akhirnya pembimbing mengambil Mas Robbi sebagai pelatih pondok putra untuk memanfa`atkan alat perkusi tersebut dengan baik.

Setelah beberapa bulan kita dalam proses latihan akhirnya angan-angan dari pengasuh, juga kita terwujud yaitu bisa menggunakan alat perkusi dengan baik dan teratur. Dan... sampai pada hari ini group rebana kita sudah beberapa kali nge SHOW di berbagai acara lho… juga di berbagai daerah yang berada di kabupaten Jepara, diantaranya adalah:

- Bangsri, dalam acara Muwadda`ah kelas IX MTs. HA pada bulan Juli 2008

- Bangsri, dalam acara berjanjen di Masjid An-Nur Bangsri pada tahun 2008

- Lebak, dalam acara pernikahan Nur Hasmaji dengan Mba` Ida pada bulan September 2008

- Bangsri, dalam acara seminar tentang PLTN pada tahun 2008

- Bangsri, dalam acara syukuran haji KBIH Arafah pada bulan Desember 2008

- Bangsri, dalam acara Maulidan pada bulan Maret 2009 (2X)

- Bangsri, dalam acara Muwadda`ah TPQ Kartini RW 01 pada 22 Maret 2009

Beginilah kisah kasih dari pada perjalanan rebana “AL-FITROH GROUP” yang kami bangun, disamping begitu banyaknya keenakan dalam rebana kamipun ada beberapa problem yang ternyata muncul diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sangat minimnya peralatan dalam rebana Al-Fitroh group, sampai-sampai harus meminjam alat perkusi ini kepada MTs. maupun MA.
  2. Sulitnya diajak latihan diantara para pemain-pemainnya.
  3. Terdapatnya sifat EGO dimasing-masing pemain.
  4. Ketidak begitu seriusan para pemain dalam mendalami beberapa formula dalam rebana.

Tetapi meskipun seperti itu Al-Fitroh group mempunyai sesuatu yang pantas diacungi jempol dan juga dibanggakan, yaitu:

1. Para pemain dalam rebana Al-Fitroh mayoritas masih dibawah umur 19 tahun, sampai-sampai ada yang masih berumur dibawah 14 tahun. (masih pantas bermain-mainkan…ah…ah…)

2. Begitu kreatifnya rebana Al-Fitroh player dalam mengolah dan juga mengotak-ngatik formula-formula dalam rebana. (gimana kreatif bukan?)

3. Mempunyai ke PD an yang sangat tinggi meskipun masih dalam usia dini.

4. Adanya rasa kekeluargaan diantara masing-masing para pemainnya.

Begitulah perjuangan yang telah kami lakukan demi mencapai juga menggapai apa yang terbaik untuk kita dan juga yang terbaik untuk para pengasuh, pelatih maupun para pembimbing kita. Meskipun sedikit banyak masih belum lancar dan bersih dalam memainkan alat perkusi ini kami dari group rebana Al-Fitroh sudah sedikit gembira akan adanya prestasi yang dapat kita gapai bersama-sama ini. Dengan begitu para santri maupun pelajar nantinya bisa tertarik dan mau mengikuti jejak kami juga dapat meneruskan akan adanya nama “AL-FITROH GROUP” yang secara susah payah kami bangun ini. Amien, YA RABBAL ALAMIEN…

1 komentar:

as.kami mau menawarkan tam mika aluminium kalau mau di jual lagi di sini stoknya banyak gan
081252456363
085731711369

Posting Komentar

Komentarmu adalah kobaran api semangat buat aku ! Taruhlah secercah tuturan kata dari dirimu...// THNX U !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...